Layanan
telematika adalah sebuah layanan yang dilakukan melalui jaringan
telekomunikasi, yaitu layanan yang disediakan melalui perpadaduan antara komunikasi,
media dan teknologi informasi. Berikut penjelasan berbagai macam layanan
telematika yang terdiri dari :
1. Layanan Telematika di Bidang Informasi
Layanan
yang pertama adalah layanan informasi. Layanan ini memberikan kemudahan untuk
mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan sebagai penunjang keputusan,
memberikan wawasan sehingga dapat menggunakan informasi untuk mengatasi
kesulitan yang dihadapi. Contoh dari layanan telematika di bidang informasi :
- Laporan Cuaca (Weather) layanan
yang memberikan laporan tentang informasi cuaca.
- Bursa Efek Jakarta (Jakarta
Stock Exchange) layanan memberikan informasi yang lebih lengkap tentang
perkembangan bursa kepada publik.
- Layanan
informasi berupa penunjuk jalan, sebagai berikut :
1) M – Commerce
2) VOD
3) News
4) Telematik Terminal
5) Jasa Pelayanan Internet
6) Informasi lalu lintas terbaru.
2.
Layanan Telematika di Bidang
Keamanan
Layanan
keamanan adalah suatu yang sangat penting untuk menjaga agar suatu data dalam
jaringan tidak mudah terhapus atau hilang. Sistem dari keamanan ini juga
membantu untuk mengamankan jaringan tanpa menghalangi penggunaannya dan
menempatanya. Jika ketika jaringan berhasil ditembus. Keamanan jaringan di sini
adalah memberikan peningkatan keamanan tertentu untuk jaringan serta untuk
memantau dan memberikan informasi jika sesuatu berjalan tidak seharusnya.
Layanan ini dapat mengurangi tingkat pencurian dan kejahatan. Seperti contohnya
dengan menggunakan Firewall dan juga anti virus yang ada. Contoh dari
layanan telamatika di bidang keamanan :
a.
Antivirus
memberikan keamanan untuk menangkal dari serangan virus.
b.
Internet
security mengamankan komputer dari ancaman akses koneksi lewat internet.
3.
Layanan
Telematika Context Aware & Event Based
Context-awareness merupakan kemampuan
layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter
yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network itu, serta memberikan
layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu. Beberapa konteks yang dapat
digunakan yaitu data dasar user, lokasi user, berbagai preferensi user, jenis
dan kemampuan terminal yang digunakan user. Contoh dari layanan
telematika context aware & Event based :
- Location based services mencari data lokasi dimana posisi keberadaan user sekarang berada.
4.
Layanan Perbaikan Sumber (Risource
Discovery Services)
Resource Discovery Service (RDS) adalah
sebuah layanan yang berfungsi untuk penemuan layanan utilitas yang diperlukan.
The RDS juga berfungsi dalam pengindeksan lokasi layanan utilitas untuk
mempercepat kecepatan penemuan. Layanan perbaikan sumber yang dimaksud adalah
layanan perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM). SDM telematika adalah orang
yang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan
informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik, dan pengguna di lingkungan
pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umunya. Kebutuhan akan SDM dapat dilihat dari
bidang ekonomi dan bidang politik, yaitu :
a. Bidang ekonomi
Pengembangan
telematika ditujukan untuk peningkatan kapasitas ekonomi, berupa peningkatan
kapasitas industry produk barang dan jasa.
b. Bidang politik
Bagaimana
telematika memberikan kontribusi pada pelayanan public sehingga menghasilkan
dukungan politik.
Dari
kedua bidang tersebut diatas kebutuhan terhadap telematika akan dilihat dari
dua aspek, yaitu :
1. Pengembangan
peningkatan kapasitas industry.
2.
Pengembangan layana publik.
Sasaran
utama dalam upaya pengembangan SDM telematika yaitu sebagai berikut :
a) Peningkatan
kinerja layanan public yang memberikan akses yang luas terhadap peningkatan
kecerdasan masyarakat, pengembangan demokrasi dan transparasi sebagai
katalisator pembangaunan.
b) Literasi
masyarakat di bidang teknologi telematika yang terutama ditujukan kepada old
generator dan today generation sebagai peningkatan, dikemukakan oleh Tapscott.
Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Telematika/